SMP Trimulia Jakarta https://smptrimulia.sch.id Website Resmi SMP Trimulia Jakarta Thu, 29 Oct 2020 01:31:40 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.3 https://smptrimulia.sch.id/wp-content/uploads/2020/10/favicon.png SMP Trimulia Jakarta https://smptrimulia.sch.id 32 32 Ini 6 Tips Menciptakan Suasana Belajar di Rumah yang Menyenangkan https://smptrimulia.sch.id/belajar-di-rumah-ini-6-tips-menciptakan-suasana-belajar-yang-menyenangkan/ Thu, 29 Oct 2020 01:31:34 +0000 https://smptrimulia.sch.id/?p=758
 Saat ini, pelajar dan mahasiswa Indonesia tengah menghadapi situasi di tengah wabah pandemi virus corona. Semua pihak telah diminta untuk belajar dari rumah.

Sekolah maupun perguruan tinggi menerapkan pembelajaran dari jarak jauh atau secara online. Tugas-tugas diberikan secara online menggunakan beragam aplikasi yang tersedia.

Namun, aktivitas belajar dari rumah tak sepenuhnya mudah. Belajar di rumah penuh tantangan seperti tergoda untuk rebahan, menonton televisi, dan lainnya.

Berikut tips-tips membuat suasana belajar dari rumah tetap menyenangkan seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

Banyak orang jadi kreatif menyulap ruangan di rumah jadi meja kerja selama kebijakan work from home.

Lihat Foto
Banyak orang jadi kreatif menyulap ruangan di rumah jadi meja kerja selama kebijakan work from home.(CNN)

Banyak dari kita memilih belajar sambil rebahan di kasur. Rebahan di kasur memang nyaman, tetapi nyaman untuk beristirahat.

Belajar sambil rebahan di kasur bisa membuat badan pegal dan konsentrasimu buyar. Kamu juga bisa malah tertidur saat belajar sambil rebahan.

 

Pilihlah tempat duduk untuk belajar. Usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk.

Selain itu, sediakan meja yang posisinya tak terlalu rendah dan tinggi dari posisi dudukmu.

2. Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar

Alat tulis.

Lihat Foto
Alat tulis.(Getty Images)

Jika kamu terbiasa meminjam alat-alat untuk belajar kepada teman, saat ini siapkanlah sendiri alat-alat tersebut. Alat-alat yang mendukung belajar bisa membuatmu mudah untuk belajar.

Jangan sampai alat-alat untuk belajar ini tak kamu perhatikan sehingga bisa mengganggumu saat belajar.

3. Pastikan koneksi internet baik

Ilustrasi Internet

Lihat Foto
Ilustrasi Internet(KOMPAS/LUCKY PRANSISKA)

Untuk menyiapkan segala materi pembelajaranmu, hal lain yang mesti diperhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan guru maupun dosen saat belajar dari rumah.

Kamu tak harus memasang jaringan internet di rumahmu. Kamu bisa menggunakan jaringan internet lewat handphonemu.

 

Pastikan juga provider teleponmu menjangkau daerah tempat tinggalmu.

4. Sediakan camilan

Ilustrasi cinnamon roll, camilan pendamping kopi.

Lihat Foto
Ilustrasi cinnamon roll, camilan pendamping kopi. (SHUTTERSTOCK/NOIRCHOCOLATE)

Kegiatan belajar tentunya akan membuat tenaga terkuras. Meskipun secara fisik tak banyak bergerak, tetapi belajar menguras tenaga karena berpikir.

Supaya tetap semangat dan tak lelah saat belajar, sediakanlah camilan secukupnya. Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilan berkalori tinggi lainnya.

5. Jauhkan benda yang membuatmu kurang fokus

Ilustrasi handphone.

Lihat Foto
Ilustrasi handphone.(Shanghaiist)

Belajar di rumah pasti tak akan luput dari gangguan-gangguan yang membuatmu kurang fokus. Gangguan bisa datang dari televisi, mainan, maupun smartphone.

Rumah memang sejatinya adalah tempat untuk tenang dan beristirahat sehingga bisa mengganggumu untuk fokus belajar. Saat ini, kurangilah akses ke kegiatan-kegiatan yang bisa mengganggumu belajar di rumah.

6. Pastikan ruanganmu punya pencahayaan maksimal

Ilustrasi

Lihat Foto
Ilustrasi(KOMPAS/DIDIE SW)

Supaya mata dan kepalamu tak pusing, perhatikan pencahayaan di tempatmu belajar. Jangan sampai ruanganmu minim pencahayaan karena bisa membuat matamu rusak dan kepalamu pusing.

Selain itu, belajar di tempat yang redup atau cenderung gelap akan membuatmu malas. Matamu akan bekerja keras untuk melihat sehingga lama kelamaan akan membuat mata cepat letih dan mengantuk lebih cepat

 

]]>
Hari Sumpah Pemuda: 3 Lokasi Historis Lahirnya Sumpah Pemuda di Tahun 1928 https://smptrimulia.sch.id/hari-sumpah-pemuda-3-lokasi-historis-lahirnya-sumpah-pemuda-di-tahun-1928/ Thu, 29 Oct 2020 01:30:45 +0000 https://smptrimulia.sch.id/?p=760 Selamat Hari Sumpah Pemuda! Tepat 92 tahun tercetusnya Sumpah Pemuda yang dahulu menjadi suara penyemangat bangsa memperjuangkan kemerdekaan. Peringatan Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober ini tidak terlepas dari Kongres Pemuda II yang dipelopori oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Dari kongres inilah, naskah Sumpah Pemuda kemudian lahir.

Lahirnya aksara Sumpah Pemuda bukanlah perkara mudah, banyak pertemuan yang dilakukan para pelajar muda untuk merumuskannya. Sumpah Pemuda merupakan momentum penting dalam sejarah Indonesia, yang akhirnya menjadikan tempat-tempat lahirnya Sumpah Pemuda memiliki nilai historis. Mau tahu di mana saja tempat dirumuskannya naskah Sumpah Pemuda? Yuk, kita lihat.

1. Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

sumpah pemudaDiorama Kongres Pemuda II (Sumber: tribunnews.com)

Lokasi pertama ini terletak di kawasan Lapangan Banteng Jakarta Pusat yang saat ini ditempati oleh Yayasan Pendidikan Santa Ursula. Lokasinya dikatakan berada di dalam gedung sekolah dan bangunannya pun masih asli serta hanya mengalami sedikit modifikasi. Rapat pertama yang dilaksanakan pada 27 Oktober 1928 ini dipimpin oleh Soegondo dan berisikan paparan oleh Mohammad Yamin yang membahas lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

2. Gedung Oost-Java Bioscoop

2638014383Foto pelopor Sumpah Pemuda (Sumber: pikiran-rakyat.com)

Keesokan harinya, pada hari Minggu 28 Oktober 1928, rapat dilanjutkan di Gedung Oost-Java Bioscoop. Sayangnya, gedung ini sudah tidak ada lagi nih. Dulu, letak gedung ini berada di Jalan Merdeka Utara dan tidak jauh dari Mahkamah Agung dan Istana Negara.

Pada rapat kedua yang diisi oleh dua pembicara yaitu Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro ini, para pemuda membahas tentang pendidikan. Kedua pembicara rapat sepakat bahwa setiap anak dan pemuda Indonesia harus mendapat pendidikan kebangsaan, dididik secara demokratis, serta seimbang antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

3. Gedung Indonesisch Huis Kramat (Museum Sumpah Pemuda)

MuseumSumpahPemudaMuseum Sumpah Pemuda (Sumber: wikipedia.org)

Lokasi ketiga yang saat ini dikenal dengan Museum Sumpah Pemuda dan terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat, menjadi saksi dari pembacaan hasil rumusan Sumpah Pemuda. Pada sesi rapat terakhir pada tanggal 28 Oktober 1928, pemuda membicarakan mengenai pentingnya nasionalisme dan demokrasi. Selain itu, gerakan kepanduan juga dinyatakan perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka memiliki sikap disiplin dan mandiri.

Di tempat inilah para pemuda dari berbagai organisasi pergerakan, bahkan yang bersifat kedaerahan kembali berkumpul mencetuskan naskah Sumpah Pemuda. Di antaranya adalah Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatranen Bond, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan PPPI. Di gedung juga ada ruang khusus tentang sejarah gerakan Kepanduan atau Pramuka di Indonesia, lho.

sumpah pemuda

Naskah Sumpah Pemuda (Sumber: tirto.id)

Nah, dalam perjalanan meraih kemerdekaan Indonesia pemuda memiliki peran yang sangat besar. Seperti kata Soekarno, “Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Sebagai pemuda tongkat perubahan negara ini berada di tanganmu. Jangan lupa untuk tetap menghargai perbedaan, karena negara ini tidak hanya dibangun oleh satu suku, etnis atau agama. Indonesia bisa merdeka karena seluruh rakyatnya, dari Sabang sampai Merauke berani berjuang demi ibu pertiwi.

So, masih mau malas-malasan belajar? Gimana kamu mau memajukan Indonesia kalau masih malas belajar.  Kamu nggak akan merasa bosan apalagi malas karena belajar jadi lebih menyenangkan dengan video beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis!

 

Referensi:

Adiakurnia, Muhammad Irzal. ‘Menelusuri Tempat-tempat Bersejarah Lahirnya Sumpah Pemuda’, kompas.com [daring]. Tautan: https://travel.kompas.com/read/2017/10/28/164840927/menelusuri-tempat-tempat-bersejarah-lahirnya-sumpah-pemuda?page=all (Diakses: 28 Oktober 2018)

Sumber foto:

Foto Diorama Kongres Pemuda II. Tautan: https://bangka.tribunnews.com/2017/10/28/terungkap-peran-warga-tionghoa-dan-peran-ar-baswedan-dari-pemuda-arab-pada-sumpah-pemuda-1926 (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto Foto pelopor Sumpah Pemuda. Tautan: https://galamedia.pikiran-rakyat.com/humaniora/pr-35866568/13-tokoh-pelopor-lahirnya-sumpah-pemuda-mulai-dari-moehammad-yamin-hingga-wage-rudolf-soepratman (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto Museum Sumpah Pemuda. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:MuseumSumpahPemuda.jpg (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto Naskah Sumpah Pemuda. Tautan: https://tirto.id/museum-sumpah-pemuda-bYvz (Diakses: 26 Oktober 2020)

]]>
Contoh RPP Satu Lembar PKn SMP MTs Terbaru Daring 2020 https://smptrimulia.sch.id/contoh-rpp-satu-lembar-pkn-smp-mts-terbaru-daring-2020/ Thu, 29 Oct 2020 01:25:00 +0000 https://smptrimulia.sch.id/?p=756 Contoh RPP Satu Lembar PKn SMP MTs Terbaru 2020

 Halo sahabat pendidik di manapun anda berada. Pada postingan kali ini admin akan membagikan RPP satu lembar tingkat SMP dan MTs. Sebelumnya, Kita bahas dulu apa itu RPP. RPP adalah salah satu perangkat yang digunakan oleh seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah menjadi administrasi yang wajib dimiliki oleh seorang guru karena juga menjadi poin penting dalam kegiatan supervisi guru.

Masing-masing guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas yang dia tempati mengajar, di Sekolah dasar/Madrasah bagi guru kelas dan untuk guru mata pelajaran yang diampunya untuk guru SMP, MTs, SMA, MA dan SMK. RPP dikembangkan untuk memandu program kegiatan belajar peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan dalam silabus.

Hakikat RPP

RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci berdasarkan silabus pendidikan yang dikeluarkn oleh kemendikbud dan telah ditelaah bersama, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Pengembangan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kondisi peserta didik yang dihadapi.

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh seorang guru secara mandiri atau secara berkelompok di sekolah/madrasah sesama guru mata pelajaran yang sama dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) tingkat sekolah yang dikoordinasi, difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran juga dapat dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah melalui kegiatan MGMP Kabupaten bagi guru mata pelajaran dan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) bagi guru kelas SD/MI yang dikoordinasi, difasilitasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan setempat.

RPP menggambarkan prosedur dan organisasi belajar dalam mencapai kompetensi dasar (KD) yang tercantum dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijelaskan dalam kurikulum.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran akan dilakukan oleh guru sebagai bagian dari perangkat mengajar. RPP sebagai panduan bagi guru dan guru mata pelajaran dalam penerapan pembelajaran sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.

Prinsip Penyusunan RPP

Beberapa prinsip yang harus diikuti dalam penyusuna RPP adalah:

  1. Setiap RPP harus secara memuat representasi dari kompetensi dasar sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan
  2. Satu RPP dapat digunakan dalam satu pertemuan atau lebih
  3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat dengan melihat tingkat perbedaan kemampuan awal dan karakteristik lingkungan peserta didik.
  4. Terpusat pada peserta didik. Proses pembelajaran dirancang dengan kegiatan yang berpusat kepada peserta didik.
  5. Berbasis konteks, artinya kita menjadikan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
  6. Berorientasi kekinian, Media dan proses pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masa kini (generasi milenial)
  7. Mengutamakan kemandirian belajar, dengan memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.
  8. Memberikan umpab balik (feedback) dan tindak lanjut pembelajaran.
  9. Terintegrasi antar satu kompetensi dengan kompetensi lainnya.
  10. Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

Komponen dan Sistematika RPP

 

Sebelum terbitnya Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, terdapat 13 komponen RPP yang termuat dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dasar dan Menengah. Ketiga belas komponen tersebut wajib termuat dalam penyusunan RPP.

Umumnya guru mengeluhkan komponen RPP yang gemuk tersebut karena dianggap menghabiskan waktu yang bisa digunakan dalam pembuatan media pembelajaran yang lain. Bayangkan RPP 1 bab saja bisa sampai 30an halaman/lembar.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan bagi kementerian untuk mengeluarkan kebijakan penyederhanaan RPP yang mempertimbangkan prinsip efisien, efektif namun tetap berorientasi pada peserta didik.

Dalam penyederhanaan RPP, hanya tiga komponen (3) inti, yaitu, tujuan, tindakan (kegiatan) belajar, dan penilaian (evaluasi) studi, sedangkan komponen lainnya saling melengkapi.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan mengacu kurikulum tahun 2013 dan kebutuhan siswa.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan diharapkan pembelajaran hasil yang dicapai oleh siswa dengan keterampilan dasar.

Perumusan tujuan pembelajaran dalam kurikulum dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar yang disederhanakan dengan menggunakan operasi verbal yang dapat diamati dan diukur, termasuk sikap, pengetahuan dan keterampilan.

RPP sebagai acuan langkah-langkah yang ditulis dalam bentuk kegiatan yang secara langsung dapat mencapai kemampuan belajar. Namun, tidak melupakan pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa.

Dalam pembelajaran, mendorong siswa untuk menjadi cukup aktif untuk membuat ruang untuk kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis mereka.

2. Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran mesti mengandung keterampilan komponen dari abad ke-21 sebagai penguatan pendidikan karakter (PDK), 4C (melek huruf, berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi dan komunikasi), dan keterampilan berpikir.

3. Penilaian (Evaluasi Pembelajaran)

Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan memperhatikan tiga bentuk abad penilaian ke-21, seperti penilaian untuk belajar, penilaian sebagai pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Dengan penyederhanaan kebijakan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa dibuat hanya satu halaman, karena tidak memerlukan persyaratan jumlah penyederhanaan RPP halaman.

Baca juga :  Contoh RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia SMP MTs Lengkap dan Terbaru | Daring 2020

Guru yang telah membuat format rencana pelajaran yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22 2016 tentang Standar  Proses Pendidikan Dasar dan Menengah  masih dapat menggunakan format rencana pelajaran yang telah dibuat sebelumnya.

Contoh RPP Satu Lembar PKn SMP MTs Lengkap dan Terbaru 2020

 

Berikut ini kami sajikan contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs lengkap dan tebaru 2020 yang telah dikembangkan dengan mengikuti prinsip dari SE Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.

Sahabat pendidik dapat memodifikasi contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs tahun 2020 ini berdasarkan situasi dan kondisi peserta didik dan lingkungan tempat anda mengajar.

Contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs lengkap dan terbaru kelas 7 tahun 2020 (UNDUH)

Contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs lengkap dan terbaru kelas 8 tahun 2020 (UNDUH)

Contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs lengkap dan terbaru kelas 9 tahun 2020 (UNDUH)

source : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/

Silahkan unduh contoh RPP 1 lembar SMP MTs lengkap dan terbaru lainnya pada link dibawah ini.

1. Contoh RPP satu lembar Bahasa Inggris SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

2. Contoh RPP satu lembar Matematika SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

3. Contoh RPP satu lembar Bahasa Indonesia SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

4. Contoh RPP satu lembar IPA SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

5. Contoh RPP satu lembar IPS SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

6. Contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

7. Contoh RPP satu lembar PJOK SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

8. Contoh RPP satu lembar PAI SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

9. Contoh RPP satu lembar Seni Budaya SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

10. Contoh RPP satu lembar Prakarya SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

11. Contoh RPP satu lembar PA Kristen SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

12. Contoh RPP satu lembar PA Katolik SMP MTs lengkap dan terbaru tahun 2020 (Unduh)

Demikian contoh RPP satu lembar PKn SMP MTs terbaru 2020, semoga bermanfaat.

]]>
Kemendikbud Ajak Anak SMP Bijak Bermedia Sosial https://smptrimulia.sch.id/kemendikbud-ajak-anak-smp-bijak-bermedia-sosial/ Thu, 29 Oct 2020 01:14:00 +0000 https://smptrimulia.sch.id/?p=754

Direktur Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Mulyatsyah mengajak siswa pada jenjang SMP mampu berkomunikasi efektif dan bertanggung jawab.

Cara itu bisa dilakukan dengan menerapkan komunikasi melalui prinsip 3M yaitu mendengar, menganalisis, dan menyampaikan secara efektif.

“Saat kita berkomunikasi (penting untuk memahami) bagaimana kita bisa mendengar, mengamati (menganalisis) dan menyampaikan pesan dengan bijak,” kata Mulyatsyah dalam acara Komunikasi dan Digitalisasi secara daring, Jumat (14/8/2020).

“Jangan sampai pesan yang kita sampaikan menjadi tidak bernilai karena penyampaiannya yang tidak efektif,” imbuhnya.

Mulyatsyah mengajak siswa-siswi SMP untuk dapat berkomunikasi dan memanfaatkan media digital dengan bijak. Menurutnya, banyak informasi yang harus dicermati terlebih dulu sebelum disebarluaskan.

Ia melihat, banyak orang yang asal posting di media sosial, sementara informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Komunikator yang Efektif

Mulyatsyah berharap, anak-anak yang menyaksikan acara Komunikasi dan Digitalisasi bagi siswa-siswa SMP itu dapat berkomunikasi secara efektif, bermanfaat, dan bermartabat.

“Mari kita gunakan kesempatan ini untuk belajar agar mampu menjadi komunikator yang efektif,” pesan kepada para peserta kegiatan yang berasal dari Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Banten, dan Sumatera Selatan.

]]>
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi https://smptrimulia.sch.id/beasiswa-unggulan-masyarakat-berprestasi/ https://smptrimulia.sch.id/beasiswa-unggulan-masyarakat-berprestasi/#respond Thu, 29 Oct 2020 01:09:58 +0000 https://smptrimulia.sch.id/?p=749 Satu dari sekian hal yang penting dalam menjalani kehidupan adalah mengenyam pendidikan. Dengan pendidikan, seseorang memiliki kesempatan untuk mencapai dan mewujudkan cita-citanya.


Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Selain itu, melalui bekal pendidikan tersebut, seseorang pun bisa mengubah jalan hidupnya. Tak salah jika sampai ada peribahasa “Kejarlah Ilmu sampai ke Negeri China”, menggambarkan betapa pentingnya memperoleh pendidikan.

Namun, tak dimungkiri, pemerataan pendidikan di negara kita bisa dikatakan belum merata. Banyak di antaranya hanya menempuh pendidikan sampai tingkat dasar, menengah pertama, atau menengah atas saja. Saat hendak memasuki ke jenjang yang lebih tinggi, yakni ke bangku kuliah, masih banyak di antaranya yang kesulitan karena masalah biaya.

Akan tetapi, ada saja jalan jika memiliki tekad dan keyakinan kuat. Di antaranya, ada yang namanya beasiswa, yakni tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar, baik dari pihak swasta maupun pemerintah.

Adapun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia juga memiliki program terkait hal itu, yakni Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

Seperti dikutip dari situs web Kemendikbud, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang S-1, S-2, dan S-3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan kepada masyarakat berprestasi di segala bidang dan tidak diprioritaskan bagi dosen.

Program Prioritas:

Berdasarkan program prioritas Nawacita, tugas dan fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun 2018 Beasiswa Unggulan memberikan prioritas pada bidang keilmuan sebagai berikut:

  1. Pendidikan (Pendidikan PAUD, Pendidikan PGSD),
  2. Kurikulum dan Pedadogi,
  3. Manajemen dan Kebijakan Pendidikan,
  4. Perfilman,
  5. Seni Pertunjukan,
  6. Seni Musik,
  7. Kebudayaan,
  8. Perpustakaan,
  9. Arkeologi (Permuseuman),
  10. Teknologi Informasi,
  11. Kebijakan Publik,
  12. Pariwisata
  13. Industri Kreatif,
  14. Teknologi Pangan,
  15. MIPA,
  16. Maritim,
  17. Pertanian, dan
  18. Energi.

Persyaratan dan Kelengkapan Berkas:

Beasiswa Jenjang S-1:

Mahasiswa Baru

  1. Maksimal 22 Tahun
  2. Memiliki surat keterangan lulus di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
  3. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
  4. Peraih juara peringkat 5 besar

Mahasiswa On-Going

  1. Maksimal 22 Tahun
  2. Terdaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, maksimal semester 2 pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat tanda aktif kuliah
  3. IPK minimal 3.25 pada skala 4.0
  4. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
  5. Peraih juara peringkat 5 besar

Beasiswa jenjang S-1 tidak diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL/IELTS.

Beasiswa Jenjang S-2:

Mahasiswa Baru

  1. Maksimal 32 Tahun
  2. Memiliki surat keterangan lulus di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
  3. IPK S1 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
  4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
  5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
  6. Peraih juara peringkat 5 besar

Mahasiswa On-Going

  1. Maksimal 32 Tahun
  2. Terdaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, maksimal semester 2 pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat tanda aktif kuliah
  3. IPK S-1 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
  4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
  5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
  6. Peraih juara peringkat 5 besar

Beasiswa Jenjang S-3:

Mahasiswa Baru

  1. Maksimal 37 Tahun
  2. Memiliki surat keterangan lulus di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
  3. IPK S-2 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
  4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
  5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
  6. Peraih juara peringkat 5 besar

Mahasiswa On-Going

  1. Maksimal 37 Tahun
  2. Terdaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, maksimal semester 2 pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat tanda aktif kuliah
  3. IPK S-2 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
  4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
  5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
  6. Peraih juara peringkat 5 besar

Kelengkapan Berkas Beasiswa:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (khusus On-Going)
  3. LoA Unconditional (Untuk On-Going ganti dengan surat tanda aktif kuliah)
  4. Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir (Khusus On-Going)
  5. ljazah dan transkrip nilai terakhir
  6. Sertifikat TOEFL/IELTS (TOEFL/IELTS untuk S-1 tidak diwajibkan)
  7. Proposal rencana studi (rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan implementasi hasil studi di masyarakat)
  8. Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait
  9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain
  10. Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten
  11. Essai menggunakan Bahasa Indonesia dengan judul: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran huruf  12 dengan spasi 1.5 lines

Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online di http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/ dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Membaca seluruh informasi di http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/
  2. Membaca Frequently Asked Questions seperti pada laman di atas
  3. Membuat akun di web pendaftaran, pilih asal mahasiswa WNI, pilih jenis “Masyarakat Berprestasi”, pilih golongan umum
  4. Membuka email aktivasi akun di email. Apabila tidak ada, cek di folder spam dan trash. Apabila masih tidak ada, kemungkinan Anda salah ketik email pada tahap 3, hubungi email beasiswa unggulan (BU)
  5. Login di web pendaftaran sesuai dengan akun yang dibuat di tahap 2. Besar kecil huruf yang digunakan saat membuat akun sangat berpengaruh
  6. Melengkapi seluruh form yang dibutuhkan dan klik tombol submit. Apabila tombol submit tidak di klik, dianggap tidak mendaftar Beasiswa Unggulan
  7. Pengumuman seleksi tahap 1 di akun dan email
  8. Seleksi tahap 2 (pemanggilan via email)
  9. Pengumuman final melalui akun dan email
  10. Melengkapi form kelengkapan: input nomor rekening tanpa karakter lain selain angka. Isi nama Anda persis seperti di buku tabungan. Biaya pendidikan per semester sesuai biaya resmi yang dikeluarkan dari universitas
  11. Tanda tangan kontrak dan bimtek (pemanggilan dan jadwal via email).
]]>
https://smptrimulia.sch.id/beasiswa-unggulan-masyarakat-berprestasi/feed/ 0