VISI, MISI, TUJUAN

 

  1. Visi SMP Trimulia

Visi merupakan gambaran proyeksi kedepan berupa pandangan, cita-cita, harapan, dan keinginan lembaga yang ingin diwujudkan di masa mendatang. Namun demikian, visi dalam lembaga pendidikan yakni sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan potensi yang dimiliki sekolah dan harapan masyarakat yang dilayani sekolah.

Oleh karena itu visi sekolah dirumuskan dengan melibatkan aspirasi pihak-pihak yang terkait (stakeholder) dan warga sekolah sehingga visi tersebut dapat selaras dengan kebijakan pendidikan nasional, sehubungan dengan hal tersebut visi SMP Trimulia dirumuskan sebagai berikut “Menjadikan Siswa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berilmu, Berpengetahuan, Terampil dan Berakhlaq Mulia”. SMP Trimulia merupakan sekolah menengah pertama yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam dengan kata lain sekolah ini berbasis pada Pendidikan agama Islam yang memiliki visi menjadikan peserta didik tidak hanya cakap ilmu, berpengetahuan dan keterampilan melainkan juga bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki akhlaq mulia yang dapat bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan masyarakat. Dan untuk tercapainya visi tersebut, terdapat beberapa indikator sebagai berikut :

  1. Membentuk peserta didik memiliki karakter bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia.
  2. Unggul dalam prestasi baik akademis maupun non akademis.
  3. Membentuk peserta didik memiliki karakter terampil, inovatif, dan kreatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Misi SMP Trimulia

Misi sekolah merupakan upaya atau Tindakan warga sekolah dalam mewujudkan visi sekolah. Berikut ini misi SMP Trimulia, antara lain :

  1. Menanamkan keimanan kepada Tuhan yang maha esa.
  2. Membentuk siswa yang berakhlaq mulia.
  3. Mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar.
  4. Meningkatkan penggunaan media pembelajaran dan teknologi.
  5. Memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar.
  6. Menumbuhkan semangat berprestasi dan berkarakter.
  7. Menjalin kerjasama yang baik dengan warga sekolah, dan masyarakat sekitar.

Kemampuan dan ketrampilan yang telah dijabarkan pada visi dan misi SMP Trimulia diharapkan akan terbentuk pada diri peserta didik dalam kurun waktu kurang lebih selama siswa menuntut ilmu di SMP Trimulia. Dalam rangka mencapai misi terdapat indikator sebagai berikut :

  1. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan.
  2. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam beribadah.
  3. Peserta didik mahir menggunakan berbagai sumber informasi, media, teknologi secara kreatif dalam menyelesaikan permasalahan atau tugas.
  4. Peserta didik mahir menggunakan lingkungan sebagai sumber informasi dalam kegiatan belajar dan menyelesaikan permasalahan atau tugas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tujuan SMP Trimulia

Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan misi yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Menurut Mohammad Syaifuddin (2007), tujuan adalah tahapan atau langkah untuk mewujudkan visi sekolah yang telah dicanangkan.

  1. Tujuan Pendidikan Nasional

Mencerdaskan kehidupan Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman, bertakwa,  berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, bertanggung jawab, dan menjadi warga negara yang demokratis.

  1. Tujuan Pendidikan Dasar

Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan yang lebih lanjut.

  1. Tujuan Pendidikan DKI Jaya

Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang cerdas, berkarakter dan kompetitif.

Tujuan yang ingin dicapai di SMP Trimulia Jakarta secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu 1 (satu) tahun. Tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Tercapainya tingkat kelulusan 100% dengan rata-rata nilai 85,00;
  2. Tersedianya media pembelajaran standar yang diperlukan;
  3. Terlaksananya penyusunan RPP oleh semua guru yang memenuhi kebutuhan siswa dalam mengembangkan potensi dan prestasinya.
  4. Terlaksananya kegiatan evaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.
  5. Terwujudnya inovasi pelayanan belajar sebagai tindak lanjut dari data hasil evaluasi.
  6. Terselenggaranya penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas.
  7. Terlaksanannya progam  5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun);
  8. Terlaksananya program 10 K (Keamanan, Ketertiban, Keindahan,  Kebersihan, Kenyamanan, Kerindangan, Kekeluargaan, Kesehatan, Kerukunan, Keimanan) sehingga sekolah menjadi kondusif
  9. Terwujudnya sekolah yang hijau dan stakeholder yang peduli lingkungan
  10. Terlaksananya pelayanan yang optimal kepada semua pihak yang memerlukan berdasarkan SAS (Sistem Administrasi Sekolah);
  11. Tercapainya siswa muslim 100% lancar baca tulis Al Qur’an dan 25% menguasai seni baca Al Qur’an, sedangkan peserta didiknonmuslim 100% dapat melaksanakan ajaran agama yang dianutnya;
  12. Terlaksananya program berbagai kegiatan keagamaan seperti: Bimbingan baca tulis Al-Quran, Pesantren Ramadhan, retreat dan peringatan hari besar keagamaan;
  13. Terjalinnya kerja sama antar warga/keluarga besar sekolah dan lingkungan sekitar;
  14. Tenaga pengajar, pegawai, dan siswa sudah memiliki disiplin yang tinggi dan bertata krama baik dengan persentase kehadiran 99,99%;
  15. Pembelajaran berbasis IT dilaksanakan oleh guru minimal 80%;
  16. Terlaksananya pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi bagi Satuan Pendidikan pada masa Pandemi Covid-19.